The Rapists’ Point Of View. Beware, Ladies!

SlutWalk Seattle is part of an international protest movement fighting rape culture, which includes victim blaming. The walk took place from Occidental Park to Westlake Park in Seattle, WA. August 25th 2013. (Joshua Lewis / KOMO News)

image source: Pinterest

Saya sering banget melihat artikel ini seliweran di-share teman-teman pada timeline salah satu Sosial Media (LINE; account @faktual). Saya hanya ingin berbagi salinannya agar wanita lebih waspada. Yah, sayangnya saya tidak menemukan link aslinya.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para wanita dan kita harus lebih berhati-hati lagi kalau ketemu laki-laki nggak dikenal terutama saat jalan sendirian.

Semoga bermanfaat!

***

Buat yg suka pulang malem:

DARI MATA PEMERKOSA

Via Nina Suzan Thomas, via Ikhaputri Widiantini (Dosen Filsafat FIB UI)
Terjemahan bebas/Adaptasi Nosa Normanda (Sastra Inggris 2004, Lecture of Stage & Performance in BINUS University)

Sekelompok pemerkosa dan pelaku perkosaan kencan, diwawancara di penjara tentang bagaimana mengincar korbannya. Ini adalah terjemahan bebas dari artikel yang disebar di Internet dengan bahasa inggris dari sumber anonim. Saya terjemahkan dengan bahasa informal biar asik dan sesuai konteks Indonesia–juga saya tambah-tambahkan beberapa poin supaya aktual dengan keadaan Indonesia.

1] Yang pertama kali dilihat pada calon korban perkosaan adalah gaya rambutnya. Mereka akan mengincar perempuan dengan buntut kuda, konde, bridal, atau gaya rambut lain yang mudah dijambak. Mereka juga senang mengincar perempuan berambut panjang. Perempuan dengan rambut pendek dan berjilbab jarang diincar.

2] Setelah itu pria-pria itu akan melihat pakaian si perempuan. Mereka mencari pakaian yang mudah ditanggalkan dengan cepat. Banyak juga dari mereka yang membawa gunting untuk memotong pakaian.

3] Mereka juga mencari perempuan yang sedang memakai telepon genggam, sedang merogoh tas, atau melakukan aktivitas lain sambil berjalan; karena biasanya perempuan-perempuan tersebut tidak waspada dan mudah dikuasai.

4] Di Indonesia, tempat yang paling sering terjadi penculikan dan berakhir dengan perkosaan adalah pada transportasi publik (angkot, taksi, ojek). Di India kasus yang paling terkenal di dalam bus.

5] Selain itu ada juga kencan-perkosa. Biasanya terjadi di kos-kosan, rumah, diskotik, atau mobil si pemerkosa.

6] Dalam tulisan asli artikel ini, di negara maju penculikan seringkali terjadi di lapangan parkir swalayan, parkiran kantor atau toilet umum.

7] Para pemerkosa akan mengambil seorang perempuan dan dengan cepat membawanya ke lokasi lain dimana mereka tidak perlu khawatir akan tertangkap.

8] Kalau kamu melawan, mereka akan jadi cupu karena cuma butuh satu atau dua menit sampai mereka sadar kalau berusaha memperkosamu itu buang-buang waktu. Tapi dalam beberapa kasus, perlawanan yang setengah-setengah bisa membuat pemerkosa semakin terangsang, maka itu usahakan lawan dengan efektif dan efisien (nanti dijelaskan di bawah).

9] Para pemerkosa yang diwawancara bilang mereka tidak mau mengincar perempuan yang membawa payung panjang atau objek semacamnya yang bisa menyerang balik dari jarak sedang. Pakai objek apapun untuk menyerang balik!

10] Kunci-kunci atau stun-gun nggak terlalu ngaruh untuk ngelawan, soalnya kamu harus deket banget ke si penyerang buat make itu. Intinya artikel ini adalah gimana meyakinkan mereka buat ilfil nyerang kamu pas pertama kali ngeliat kamu.

MENCEGAH & MELAWAN DENGAN EFEKTIF:

1] Kalau kamu ngerasa ada orang yang ngikutin kamu di jalan, di tempat parkir, di lift, JANGAN TAKUT DAN BUANG MUKA. Kamu justru mesti berhenti dan lihat mukanya, buka percakapan kayak, “Om, jam berapa ya sekarang?”, atau kamu bisa bikin percakapan pendek seperti, “Duh, panas banget nih. Biasanya kalo kayak lgini mau ujan kali ya, om?” Intinya sih pastikan dia tahu kamu ngeliat mukanya jelas, dan bisa kamu kenali kalo dia kabur setelah gagal. INGAT MUKANYA! Biasanya juga cowok akan hancur imajinasinya kalau sudah komunikasi, karena pemerkosa bertumpu pada imaji seakan-akan perempuan itu bukan orang tapi binatang buruan. Tatap wajahnya, bicara padanya. Bunuh imajinasi itu dari kepalanya. Bisa jadi juga kamu salah, dan om itu cuma kebetulan ke arah yang sama dari kamu. Tapi nggak ada ruginya toh? Mending sok akrab daripada diserang tiba-tiba.

2] Kalau ada yang nyamperin kamu tiba-tiba, langsung pasang kuda-kuda dengan tangan dan teriak, “Stop!” atau “Mau apa lo!?” Kebanyakan pemerkosa bialng mereka akan cabut kalo si cewek teriak-teriak duluan atau menunjukkan bisa berantem. Lagi-lagi, mereka cari sasaran yang gampang.

3] Kalo kamu bawa semprotan merica (pelatih mbak yang nulis thread asli selalu bawa itu), kamu bisa teriak, “Gue semprot lo! Perih lho ini…” Dia akan mikir dua kali. Masih maju, semprot!

4] Kalo ada yang narik kamu, terus kamu nggak bisa serang balik, kamu bisa main akal aja. Kalo dia ngunci pinggang kamu dari belakang dengan dua tangannya, cubit yang keras di bawah tangannya, atau di bawah sikutnya atau di bawah keteknya atau di pahanya–YANG KERASSS! Ada cewek yang nyubit cowok yang mau merkosa dia waktu kencan, dan cowok itu kesakitan bener gara-gara dicubit sampe berdarah. Ototnya robek dan butuh dijahit. Buat latihan, coba cubit diri sendiri di tempat-tempat tersebut sekuat kamu, pasti sakit.

5] Setelah dicubit dan dia lepaskan, usahakan jangan langsung lari. Incar selangkangannya. Aku tahu banget dari pengalaman pribadi, kalo cowok dipukul ‘itunya’ dia bakal kesakitan gila. Kamu mungkin takut dia tambah marah dan nyakitin kamu, tapi sebenernya kata para pemerkosa ini, mereka maunya cewek yang nggak ngasih masalah. Kasih masalahnya di’situ’ dan lari aja dia akan susah.

6] Kalo tuh cowok mau nyekek kamu, ambil satu-dua jarinya aja, terus dorong ke depan sejauh mungkin sekuat mungkin. Instruktur aku melintir sedikit jariku dan aku langsung jatuh berlutut dan buku-buku jariku sampe bunyi krak.

7] Buka kuping. Selalu awas dengan keadaan sekeliling kamu, kalo bisa usahakan selalu jalan sama temen dan kalo ada hal mencurigakan jangan kamu cuekin. Percaya sama insting kamu. Mungkin kadang-kadang kamu ngerasa kayak orang parno, tapi itu lebih baik daripada kena beneran.

TIPS TERAKHIR INGAT YANG INI:

1. Tip dari Tae Kwon Do: Sikut adalah bagian terkeras di badan kamu. Kalo cukup deket untuk nyikut, sikat!

2. Tip dari pemandu wisata di New Orleans: Kalo ada rampok minta dompet atau tas kamu, JANGAN LANGSUNG DIKASIH. Lempar agak jauh (pura-pura bego aja)…kemungkinannya dia lebih tertarik sama dompetmu daripada bodimu tetep ada. Abis itu LARI KAYAK MALING KE ARAH SEBALIKNYA.

3. Kalau si pemangsa ini punya pistol tapi moncong pistolnya agak jauh dari kamu, langsung KABUR! Kemungkinan dia tepat nembak kamu (target yang lari) itu 4 berhasil: 100 gagal kok. Dan kalopun pelurunya dia ngena, kemungkinan besar nggak kena organ vital kamu. KABUR!

4. Sebagai perempuan, kita gampang kasihan: JANGAN! Kasihan bisa bikin kita diperkosa atau dibunuh. Ted Bundy, pembunuh berantai itu, ganteng, lulusan kampus keren di Amrik, dan selalu mainin simpati perempuan yang polos. Dia kadang-kadang pura-pura cacat, pake tongkat minta tolong dipegangin sampe mobilnya, terus tiba-tiba nyulik!

5. Kalo kamu dilempar ke bagasi mobil dan dikunciin. Tendang lampu belakangnya sampe bolong keluarin tangan kamu dan lambaikan. Supirnya nggak ngeliat kamu, tapi pengendara lain akan lihat. Ini beneran pernah nyelametin nyawa orang di Amrik.

6. Peremppuan bisanya masuk mobil abis belanja, makan, kerja, dan duduk di dalem mobil (ngeliat hp, bales sms). JANGAN YA! Pemerkosa bisa memperhatikan kamu, dan ini kesempatan bagus buat dia buat masuk ke kursi belakang, terus nodong kamu pake pistol dan nyuruh kamu nyetir kemana pun dia mau. BEGITU PINTU MOBIL KAMU TUTUP, TANCAP GAS!

7. Beberapa catatan kalo kamu bawa mobil di tempat parkir, atau garasi:
a. Waspada: lihat sekliling mobilmu, karena ada aja orang yang ngumpet di kursi belakang, ngintip ke mobil, ngumpet di balik sisi lain mobil. (LAKUKAN HAL YANG SAMA SEBELUM NAIK TAKSI, JANGAN SAMPAI ADA YANG TIBA2 MASUK TAKSI DAN KONGKALIKONG SAMA SUPIRNYA).

b. Kalo ada mobil van parkir deket pintu supir mobilmu, kamu masuk dari kursi penumpang aja. Kebanyakan pembunuh berantai narik korbannya dan langsung masukin ke van pas dia mau masuk mobil.

c. Lihat mobil yang parkir sebelahmu, ada orangnya nggak. Kalo kamu lihat ada orangnya dan dia nggak pindah-pindah, atau kelihatan mencurigakan, mending balik ke kantor/mal dan minta temenin satpam ke mobil kamu. Lagi-lagi, mendingan selamat daripada nyesel, dan mendingan parno daripada mati.

8. SELALU naik lift daripada tangga darurat. Tangga darurat tempat yang nggak bagus banget buat sendiri dan tangga biasanya jadi tempat kejahatan.

Sebarkan ini ke semua perempuan yang kamu tahu dan butuh diingatkan kalau Tuhan juga menciptakan banyak orang gila di dunia ini. Mendingan selamat daripada nyesel, mendingan parno daripada mati.

Kalau kamu punya rasa kemanusiaan, reblog post ini

‘Tangan yang menolong lebih baik dari mulut yang berdoa’ — berikan tanganmu.
SHARE POST INI SEBANYAKNYA DAN BIARKAN SEMUA PEREMPUAN TAHU APA YANG TERJADI DI DUNIA INI.INI DAPAT MENYELAMATKAN HIDUP ORANG

***

Cheers!

Listening to Juvenile by ONE OK ROCK

/just a perfect moodbooster to start another boringday. morning all 🙂

dont be shy whenever u want something
what u waitin for? find ur door
gotta hold ur own n stay dont run away
when u show will to live theres no way u will lose it
after finding that anything
cuz life is full of points of score
you’ll see brighter days coming
all the nights becoming days
on ur… mark!

 

Listening to Juvenile by ONE OK ROCK

Preview it on Path

Crepes Mille with Strawberry-Raisin Custard

Crepes Mille with Strawberry-Raisin Custard a la kadarnya

Crepes Mille with Strawberry-Raisin Custard a la kadarnya

Sesuai request temen-temen di plurkdotcom, saya akan ngasi bocoran resep dessert Crepes Mille yang saya contek dari acara masak-masak di salah satu TV swasta –sampai saya belain mengunduh videonya dari youtubedotcom saking niatnya. Dan juga ngeliat resepnya dari fromliakitchen, arigato ne..Tetapi resep versi saya ini telah dimodifikasi sehingga lebih bersahabat di kantong.

Sekedar intermezzo. Crepes Mille atau Mille Crepes adalah kue asal Prancis yang terbuat dari lapisan-lapisan crepes. Kata Mille sendiri memiliki arti “seribu”, yang menggambarkan betapa banyaknya lapisan yang terbentuk dalam sebuah dessert,tapi  ini cuma jadi 15-an lapis kok.

Imho, crepes ini sih bahannya mirip resep pancake, hanya saja dengan versi lebar dan tipis.

Daripada penasalaan.. yuk cabssss..

Continue reading

Isn’t it good, norwegian wood?

Ini blongnya jarang di tengok, sebentar ya.. bersih-bersih sarang laba-laba dulu.

 

Nah, udah bersih.

Kali ini, untuk memulai postingan pertama di tahun 2014, saya akan membicarakan tentang salah satu novel dari seorang penulis asal Jepang, Haruki Murakami.

Butuh waktu hingga empat hari untuk menyelesaikan novel Norwegian Wood yang diterjemahkan oleh Jay Rubin dari bahasa Jepang ke bahasa Inggris. Bagi saya, empat hari adalah angka yang cukup besar untuk menghabiskan novel semenarik ini yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak, yang saya baca ini tidak menyentuh angka 350.

Karena ini english version, di tengah jalan, saya menemui -banyak-pake-banget- kosakata baru yang membuat saya mengerutkan dahi dan berteriak dalam hati.

Mbokne, iki artine uopohh? Precocious, murky, slogged, reverberation, . . .

Kemudian saya berhenti sebentar, menatap ke langit, memejamkan mata, kemudian… merenung. Memikirkan simbok.

.
.
.
.

Wait, skip, skip.

Oke serius. Kebetulan waktu itu saya lagi nganggur, jadi… dengan rajinnya saya mencari arti kata-kata susah tadi di digital dictionary, alias aplikasi kamus di laptop/hp.

Saking rajinnya, sampe saya tulis lagi di sebuah buku khusus. Khusus! Niatnya biar nggak lupa. Tapi tapi tapi, yang ada malah jadi sering liat contekan, bukannya dihapalin, miaw.

Beda cerita kalau lagi males atau lagi seru-serunya baca, saya mencoba memahami arti dari rangkaian kalimatnya –dengan sotoy, hingga sekiranya dapat dipahami. Istilahnya, pasrah gitu deh. Tapi ya lumayan bisa ngasah otak yang jarang terpakai ini.

Beklah langsung saja inti dari post ini, review! Speaking of review, this is my first! Uyeah! –penting. Continue reading

HBD Mb Dian

Momen ini sebenernya udah sebulan yang lalu. Tapi saya akan mengenangnya kalo saya pajang di sini 🙂

Title: HBD Mbak Ardhiani!
Date: 17 April 19xx – 17 April 2013

HBD Mb Dian.wmv_thumbs_[2013.05.24_12.38.27]

Here’s the video, I uploaded from vimeo[dot]com

http://bit.ly/18avRnb

Semoga semakin cemerlang, jaya, dan lekas ngasi aku ponakan >_<

Oia, I’ll be there at her wedding and her third graduation at Jogja (very soon)!

Oh how i really miss her 🙂

Cheers!

Farewell Video by Unyu Girl, Deasy

Saya puas banget bisa mengunggah video dari sohib unyu, Deasy, ke Youtube. Situs paling hits sedunia. Saya ga mau kalah ngehits!

Sekitar 3 minggu yang lalu, dia bikin sebuah raw video yang direkam pake gadget. Dibikin pas pertama kali saya berangkat ke Jakarta. Trus baru kemarin saya edit jadi ada backsoundnya, sama nambah beberapa kata. Saya juga nambahin foto-foto biar tambah dramatis. Eh, ya malahan saya jadi sedih sendiri dan berkaca-kaca.

Continue reading

Pengalaman Pertama jadi Anak Kantoran

Sudah satu minggu saya melewati hari-hari di Ibukota. Kali ini untuk bekerja. Sebelum-sebelumnya kalau ke Jakarta hanya untuk main dan kerja praktek (cuma sebulan). Saya masuk kerja tepat 2 minggu setelah wisuda Februari kemarin. Well, Ini bukan pertama kalinya saya meninggalkan ayah dan ibu. Pertama saat saya meneruskan pendidikan S1 di kota gudeg, Yogyakarta, dan kali ini untuk bekerja di salah satu lembaga swadaya masyarakat atau biasa disingkat LSM di Jakarta. Agak sedih memang meninggalkan orangtua lagi, dan juga meninggalkan kota Jogja tercinta beserta makhluk-makhluk kesayangan di dalamnya. Tapi mau gimana lagi, waktu saya tidak untuk bermain-main lagi dan tujuan sudah di depan mata. Cuma ikhlas yang bisa saya lakukan.

Continue reading