Ujian Akhir Semester 2012

09:52pm. Monday, Jan 9, 2012

Di hari yang sama dan jam yang berbeda ini saya akan menumpahkan segala apa yang ada di otak saya dari pagi tadi hingga malam ini. Yap. Hari ini adalah hari pertama saya menjalani UAS di semester ganjil di tahun terkahir ini (amiiin). Semoga UAS kali ini adalah momen terakhir saya di masa perkuliahan ini.

Seperti halnya UTS, hari, jam dan tempat ujian UAS adalah sama. Hari ini ada 2 mata kuliah yang diujikan. Yang pertama adalah mata kuliah Komputer dan Masyarakat dan Sistem berbasis Pengetahuan. Dua-duanya adalah mata kuliah yang menarik. Pada mata kuliah Komputer dan Masyarakat, banyak hal yang berkesan dalam materi-materi yang disampaikan, contohnya mengenai Digital divide, yang menjelaskan mengenai kesenjangan antara masyarakat dengan dunia digital (seperti internet, laptop, tablet), perbedaan jaman dahulu dengan sekarang yang udah mengenal serba digital sangat jauh. Dalam materi tersebut, disebutkan kalo di dunia ini, masih ada masyarakat yang belum mengenal dunia digital tersebut,yang mengakibatkan adanya gap antara yang kenal banget, dan yang masih kaku. Ini bisa menjadi suatu sorotan khususnya di Indonesia supaya dicarikan jalan keluar agar tiap elemen masyarkat dapat dengan rata mengenal digital world.

Satu hal lagi yang paling lekat dengan ingatan adalah mengenai Kebebasan Mimbar di dunia TIK. Pertama kali tahu, respon saya “what the heck the meaning of it?”. Yang saya tahu, mimbar itu yang biasa dipake buat khotbah jumatan. Dengan rasa pesimis saya bersemedi di bawah naungan mbah Gugel. Dan benar apa yang saya takutkan, tidak ada yang benar-benar menjelaskan apa itu kebebasan mimbar di dunia TIK.

Akhirnya saya perkuat konsentrasi semedi saya, dan alhamdulillah dapet juga artinya, “Penggunaan suatu ruang publik yang bertanggung jawab dan berkaitan dengan teknologi informasi.” Gatau deh, itu jawabannya bener atau nggak. Nah, balik lagi ke soal ujian pertama.  Ujiannya close book. Alhamdulillah, soal yang keluar itu semuanya sama kaya tahun lalu dan sudah lumayan dijawab semua dalam semalam, itupun jawabannya ragu semua. Paginya, lumayan lancar ngerjain karena udah tau arah-arah jawabannya akan gimana.

Untuk ujian mata kuliah kedua, Sistem Berbasis Pengetahuan. Di semester sebelumnya sudah pernah ada mata kuliah yang bahasannya mirip-mirip. Membahas bagaimana merepresentasikan Jujur aja, untuk mata kuliah ini, I don’t really get it. But so far so good lah, hehe. Ujiannya open book. Malemnya ngeprint materi yg udah dikasi setelah UTS. Dan beberapa jam sebelum ujian (ujiannya jam 10), sempet-sempetnya fotokopi sama ngeprint materi yg belum punya. Yeah, sekali lagi hari lumayan lancar walaupun gak yakin juga. Sudahlah, sudah berlalu juga. Hari ini dinyatakan, DONE!

Dan sekarang preparation buat besok ujian tertulis bahasa inggris di LBPP LIA. Yeay, fighting!

Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s