What do you think about: Pseudocode?

Kejadian ini sudah cukup lama terjadi, pada hari Kamis tanggal 29 September 2011.

Cukup malu pada diri sendiri (udah malu banget tepatnya sama mahasiswa konsentrasi sebelah). Masalahnya dasar banget, mahasiswi semester 7 konsentrasi Sistem Komputer dan Informasi, ngulang mata kuliah Pemrograman Dasar.

(- -“) dan ga ngeh sama arti sebuah kata: Pseudocode! 

Selama ini taunya pseudocode itu, sekumpulan code yang pure bahasa pemrograman.

Eh taunya…. “Pseudocode is an artificial and informal language that helps programmers develop algorithms. Pseudocode is a “text-based” detail (algorithmic) design tool.” 

Yang intinya, pseudocode itu semi-algoritma, yang dapat membantu mengembangkan algoritma dengan cara menggabungkan algoritma dengan sedikit bahasa pemrograman. Alasan penggunaannya antara lain: gampang dibaca dan ditulis, memudahkan programmer untuk konsentrasi ke logika program, dan terstruktur dalam bahasa Inggris.

Well, karena merasa bersalah pada diri sendiri dan ga pengen orang lain juga ikut tersesat, saya akan mengenalkan sekilas mengenai Pseudocode.

Ada 6 operasi komputer dasar, yaitu:

  1. Untuk menerima informasi (Read: untuk mendapatkan input dari catatan suatu file, Get: untuk mendapatkan input dari keyboard)
  2. Untuk menghasilkan informasi  (Print: untuk menghasilkan hasil cetak dari printer, Write: untuk menuliskan hasil ke dalam file, Put; Output; Display: untuk menampilkan hasil ke layar, Prompt: dibutuhkan sebelum instruksi input Get, yang dapat menyebabkan pesan akan dikirim ke layar, biasanya dalam program yang meminta user untuk merespon dengan memberikan input)
  3. Untuk melakukan aritmatika (Compute dan Calculate, Simbol yang digunakan: +,-,*,/,() )
  4. Untuk menentukan nilai ke dalam variabel atau lokasi memori (Initialize; Set : untuk memberikan data sebuah nilai inisial, Simbol = atau ß: untuk menentukan nilai sebagai hasil dari proses, Save; Store: untuk menyimpan variabel untuk pemakaian selanjutnya)
  5. Untuk membandingkan dua variabel dan memilih salah satu dari dua alternatif (IF, THEN, ELSE)
  6. Untuk mengulang tindakan (DOWHILE, ENDDO)

Contoh :

Add Three Number 

A programis required to read three numbers. Add them together and print their total.answer.

Defining Diagram

Solution Algorithm

author: Pak Bimo Sunarfri Hantono.

Saya cukupkan sekian dulu penjelasannya. Kalo sekiranya belum puas bisa dipuaskan di halaman rumput sebelah. CMIIW! Nuwun.

always cheers! 😉


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s